Kepatuhan merupakan salah satu pilar tanggung jawab sosial ITM. ITM berkomitmen membangun budaya kepatuhan yang berkontribusi pada praktik bisnis yang baik dan bertanggung jawab. Hal ini dilakukan dengan mendirikan fungsi Kepatuhan dan memadukan aspek kepatuhan kepada setiap individu. Selain itu, prakarsa lain telah dilakukan, seperti memberikan informasi dan sosialisasi tentang persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk pemantauan dan pelaporan serta memberikan nasihat mengenai perubahan yang relevan dalam lingkungan bisnis.
Dengan meningkatnya tuntutan dari para pemangku kepentingan terhadap tingkat kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik, ITM terus meningkatkan efektivitas manajemen kepatuhan melalui analisis regulasi yang lebih responsif dan menyeluruh serta mengembangkan sistem pemantauan lisensi dan kewajiban terkait bisnis perusahaan
Tidak hanya sebagai persyaratan regulasi, komitmen ITM dalam melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan upaya untuk memberikan dampak positif bagi semua pemangku kepentingan. Salah satu caranya adalah meningkatkan kualitas masyarakat di sekitar area operasional melalui prakrasa-prakarsa di sektor sosial-ekonomi.
Prakarsa ini dilakukan dengan memperhatikan kesenjangan sosial-ekonomi dan kebutuhan masyarakat. Prakarsa didasarkan atas pemetaan sosial yang dilakukan sebelum perusahaan beroperasi untuk memastikan optimalisasi dampak positif terhadap masyarakat.