Lolos dari Seleksi yang Ketat, ITM Raih 7 Anugerah GKPM

15 Peb 2016 04:00

PT Indo Tambangraya Megah Tbk. meraih tujuh Anugerah GKPM (Gelar Karya Pembangunan Masyarakat). Anugerah GKPM diberikan oleh Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat bekerja sama dengan Forum Perusahaan untuk Pemberdayaan Masyarakat (Corporate Forum for Community Development – CFCD).

Malam penganugerahan diselenggarakan pada tanggal 2 Oktober di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, dihadiri oleh pejabat pemerintah, para pemimpin perusahaan, dan para petugas pengembangan masyarakat.

Penghargaan ini merupakan bentuk   pengakuan oleh pemerintah dan masyarakat terhadap keberhasilan program pemberdayaan sosial yang dijalankan perusahaan bersama anak-anak perusahaannya dalam 7 tahun terakhir.

Ketujuh penghargaan itu adalah sebagai  berikut.

Anugerah Platinum diberikan untuk kategori penciptaan lapangan kerja di bidang sektor peternakan sebagai penghargaan atas keberhasilan pengelolaan peternakan ayam di situs tambang PT Kitadin di Tenggarong Seberang di Kalimantan Timur.

Anugerah Emas diraih pemberdayaan Koperasi Serba Usaha “Binaan Mandiri” yang dibina oleh PT Indominco Mandiri  di situs tambang perusahaan di Bontang Kalimantan Timur untuk kategori pemberdayaan lembaga ekonomi rakyat.

Anugerah Emas diraih pendidikan alternatif PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Bontang Kalimantan Timur untuk kategori pendidikan masyarakat.

Anugerah Emas diraih oleh Bambang Kawuryan dari PT Kitadin di Embalut di Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur untuk kategori pelaku tingkat pelaksana lapangan, dengan karya tulis berjudul “Program Pengembangan Masyarakat dalam Menghadapi Penutupan Tambang.”

Anugerah Perak diraih penanaman bakau oleh PT Indominco Mandiri di pesisir pantai di Bontang Kalimantan Timur untuk kategori pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon.

Anugerah Perak diraih program pemberdayaan kesehatan ibu hamil bersalin dan anak balita di kawasan binaan PT Indominco Mandiri di Bontang di Kalimantan Timur untuk kategori pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan.

Anugerah Perak diraih program pupuk bokashi di situs PT Jorong Barutama Greston di Tanah Laut untuk kategori pelestarian lingkungan melalui daur ulang.

Untuk masuk dalam unggulan Anugerah GKPM, program pemberdayaan masyarakat harus dapat memenuhi sejumlah kriteria yang ketat di antaranya memperoleh pengakuan dari para pemangku kepentingan dan penerima manfaat.

Program juga harus memenuhi segi mendasar pertimbangan program, rencana strategis yang terintegrasi dengan program pemerintah, kemudahan program, panduan teknis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dampak, dan keberlanjutan.

Anugerah Platinum yang bergengsi ini diserahkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Syarief Hasan kepada Kepala Tambang Kitadin Embalut Khun Somchai Khaodee.


Kembali ke Galeri Foto Kegiatan