Pengantar

ITM berkomiten menjalankan prinsip tata kelola perusahaan (GCG) sejalan dengan praktik terbaik  yang  diwajibkan bagi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek  Indonesia  (BEI),  ketentuan, regulasi dan pedoman yang ditetapkan oleh BEI dan Badan Pengawas Pasar Modal – Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), serta Self-Regulatory Organization (SRO). Selanjutnya, ITM berupaya untuk  mencapai standar internasional serta praktik terbaik dalam penerapan dan implementasi prinsip-prinsip GCG. Sejalan dengan Visi dan Misinya, ITM juga berkomitmen terhadap praktik GCG melalui materialisasi Road Map penerapan GCG dalam upaya mewujudkan diri sebagai contoh perusahaan teladan dan  perusahaan tambang  kelas  dunia.

Sebagai bagian dari Penerapan Roadmap GCG, ITM telah melengkapi Kebijakan Tata Kelola Perusahaan, Aturan Perilaku, Piagam Dewan Komisaris, Piagam Direksi, Piagam Komite Audit & Pemantauan Risiko, Piagam Komite GCG, Nominasi & Kompensasi, Piagam Internal Audit serta Piagam Corporate Secretary.

Beberapa aktivitas untuk menanamkan GCG sebagai bagian dari budaya perusahaan juga telah dilaksanakan ITM, salah satunya adalah pelaksanaan workshop berjudul CG in Action dan CG in My Department. Perusahaan juga telah mensosialisasikan konsep GCG beserta penerapan Roadmap yang dimiliki oleh ITM, bersamaan dengan isi buku saku Kebijakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) dan Aturan Perilaku (Code of Conduct) kepada seluruh karyawan di kantor ITM dan anak-anak perusahaannya. Sosialisasi dilaksanakan kepada  karyawan-karyawan yang dibagi di kelas-kelas dalam skala kecil (<40 peserta setiap kelasnya) secara bertahap  untuk memastikan seluruh peserta memiliki waktu untuk berdiskusi dan memperoleh pemahaman yang sama.

Untuk proses internalisasi, ITM melaksanakan berbagai program untuk penanaman pemahaman mengenai GCG secara berkelanjutan. Proses ini merupakan tahapan jangka panjang yang terus menerus harus dihidupkan oleh ITM guna menjadikan prinsip GCG tidak hanya hadir dipermukaan saja, namun tertanam dalam setiap etika kerja dan perilaku karyawan. Dalam hal ini, ITM melaksanakan beberapa GCG program yang diberi nama CG Talk of the Town yang merupakan kuis yang mengangkat pembelajaran yang dapat dipetik dari kasus-kasus penyimpangan atau keberhasilan praktik GCG di berbagai perusahaan terkemuka, CG Sharing yang merupakan artikel mengenai good or bad CG practices, CG Day dan Kompetisi CG serta promosi nilai-nilai inti perusahaan yang berkaitan dengan prinsip GCG melalui poster, banner, digital signet, ITM Plaza, CG Portal serta wallpaper komputer seluruh karyawan yang dihubungkan ke server. Semua program internalisasi tersebut dikomunikasikan oleh sebuah maskot yang diberi nama Mr. CG yang khusus diciptakan perusahaan sebagai komunikator untuk menyampaikan semua pesan GCG melalui alamat email khusus untuk GCG. Lebih lanjut juga diharapkan dengan realisasi salah satu tonggak dalam Roadmap Penerapan GCG berupa penyelarasan Kebijakan Operasional & SOP dengan kebijakan GCG pada semua proses, diharapkan GCG benar-benar dapat menjadi sesuatu yang melekat pada setiap warga ITM dalam proses aktivitas dan interaksinya dengan para pemangku kepentingan.